Kubah Enamel

13 Maret 2018

Saat ini hampir kebanyakan masjid saling pamer kemegahan Kubah Enamel masing. Namun taukah anda sejarang mengenai kubah enamel ?.

Kubah Enamel merupakan salah satu unsur arsitektur yang selalu digunakan dalam sebuah bangunan tempat ibadah, entah itu masjid ataupun gereja. Ia berbentuk seperti separuh bola, atau seperti kerucut yang permukaannya melengkung keluar. Ada pula yang bentuk ‘kubah piring’ (disebut kubah piring dikarenakan puncak yang rendah dan dasar yang besar) dan ‘kubah bawang’ (disebut kubah bawang karena hampir menyerupai bentuk bawang).
Kebanyakan kubah akan diletakkan di tempat tertinggi di atas bangunan (sebagai atap). Entah itu ditengah-tengah bangunan ataupun dimenara Gedung.

Kubah dapat dianggap seperti suatu gerbang yang diputarkan pada rangka penyangganya. Ini bermakna kubah mempunyai kekuatan struktur yang besar. Sama seperti jembatan gerbang tertekan, Kubah dapat dibuat dari berbagai jenis bahan diantaranya dari batu bata dan beton saja, bergantung kepada daya tekanan dan geseran. Namun,saat ini sudah semakin banyak kubah modern yang dibuat menggunakan aloi aluminium dan enamel sehingga bisa membuat tampilan kubah yang semakin menarik untuk dilihat.
Jika dilihat dari dalam, kubah yang berbentuk hemisfer kelihatan lebih menarik, tetapi perlu lebih tinggi untuk kelihatan menarik dari luar. Jadi sebagian kubah, contohnya gereja St. Peter dibangun dari dua kubah sedangkan gereja St Paul dibangun dari tiga kubah.

Banyak masjid di dunia kini telah menerapkan penutup kubah, termasuk di Indonesia. Tradisi ini berasal dari daerah Anatolia.

 

Di Edit dari Wikipedia

Copyright © 2017 Kontraktor kubah masjid enamel harga termurah by shauqina.